Nyeri Pinggang , Anda Perlu Tau


Manakah aktivitas yang dapat menyebabkan nyeri pingang? Duduk terlalu lama di dalam mobil saat bepergian, bekerja di depan komputer atau laptop, bermain tenis, atau melakukan pekerjaan rumah tangga?

Aktivitas apapun yang Anda lakukan, nyeri pinggang biasanya terjadi karena postur tubuh Anda tidak benar! Bukan aktivitasnya yang salah, namun postur tubuh yang terlalu sering membungkuklah yang dapat menyebabkan nyeri pinggang.

Hampir semua orang pernah merasakan nyeri pinggang, untungnya, nyeri pinggang dapat sembuh dengan sendirinya. Meskipun tidak, dapat diobati secara efektif.


Gejala Nyeri Pinggang
Gejalanya mulai dari rasa nyeri dengan sensasi seperti ditusuk. Rasa sakit dapat membuat Anda kesulitan untuk bergerak atau berdiri dengan tegak. Nyeri pinggang akut bisa datang tiba-tiba atau akibat dari cedera olahraga dang aktivitas angkat berat. Nyeri pinggang yang berlangsung lebih dari tiga bulan dianggap kronis. 

Sakit pinggang yang parah setelah terjatuh atau cedera harus diperiksa oleh dokter atau petugas kesehatan.  Jika mengalami nyeri pinggang dan diikuti gejala kehilangan kontrol buang air kecil atau buang air besar, kelemahan kaki, demam, dan nyeri saat batuk atau buang air kecil. Segeralah periksakan ke dokter jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut.

Penyebab Nyeri Pinggang
Beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya nyeri pinggang antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Cedera akibat ketegangan otot karena mengangkat beban berat atau berolahraga terlalu keras.
  2. Pekerjaan yang melibatkan mengangkat atau menarik bisa berkontribusi terhadap timbulnya nyeri pinggang. Namun, duduk sepanjang hari di kursi juga bisa menyebabkan nyeri pinggang, terutama jika kursi Anda tidak nyaman atau posisi badan cenderung membungkuk.
  3. Beban tas atau ransel .Beban tas atau ransel yang Anda bawa ditopang oleh bahu dan pinggang.
  4. Kerusakan bantalan tulang belakang. Jika bantalan tulang belakang melemah dan terjadi penonjolan inti dari bantalan tulang belakang dapat mengakibatkan penekanan terhadap akar saraf tulang yang menghasilkan gejala nyeri hebat, bahkan dapat menjalar hingga kaki.
  5. Beberapa kondisi kronis dapat menyebabkan nyeri punggung.
Siapa yang Berisiko Mengalami Nyeri Pinggang?
Kebanyakan orang mengalami nyeri pinggang di usia 30-an. Kemungkinan akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Alasan lain yang bisa menyebabkan nyeri pinggang adalah:
  1. Obesitas (kelebihan berat badan)
  2. Gaya hidup yang tidak aktif.
  3. Pekerjaan yang mengharuskan mengangkat benda berat.
Share This
Dapatkan Korset NMC-02 , Beli Sekarang !